Saturday, April 20, 2019

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen

Robert W. Holmes mendefinisikan SIM adalah sistem yang dirancang untuk menyajikan informasi pilihan yang berorientasi kepada keput usan yang di perlukan oleh manajemen guna merencanakan, mengawasi, dan menilai aktivitas organisasi yang dirancang dalam kerangka kerja yang menitikberatkan pada perencanaan keuntungan, perencanaan penampilan, pengawasan pada semua tahap. 
Menurut Lani Sidharta SIM adalah suatu sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi dari komponen-komponen terkomputerisasi, yang bertujuan untuk menyediakan fungsi-fungsi operasional dan mendukung pembuatan keputusan manajemen.
Menurut Asep Jalaludin, S.T., (2007) pada modul Sistem Infomasi Manajemen. Sistem informasi manajemen dapat dijelaskan dengan memberikan penjelasan yang didasarkan pada tiga macam tinjauan yaitu berdasarkan komponen fisik, fungsi pengolahan, dan fungsi keluaran. Berdasarkan komponen fisik penyusunnya, Sistem Informasi Manajemen dapat terdiri atas komponen:
a. Perangkat keras (hard ware)
b. Perangkat lunak (soft ware)
c. Berkas (file)
d. Procedure (prosedur)
e. Manusia (brain ware)

Hubungan kelima komponen ini dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Sistem Informasi Manajemen mempunyai tugas utama melakukan transformasi data menjadi informasi. Hal ini berarti Sistem Informasi Manajemen bertugas menerima data masukan, mengolah data masukan,dan menghasilkan keluaran berupa informasi.

Berdasarkan fungsi pengolahan Sistem Informasi Manajemen terdiri atas:
a. Mengolah transaksi
b. Memelihara file historis
c. Menghasilkan keluarand. Interaksi user-pengolah

Berdasarkan fungsi keluaran, Sistem Informasi Manajemen dapat menghasilkan keluaran berikut:
a. Dokumen transaksi
b. Laporan terjadwal/rutin
c. Jawaban atas pertanyaan terjadwal
d. Laporan tidak terjadwal
e. Jawaban atas pertanyaan tidak terjadwal
f. Dialog user-machine
Posted in:

0 comments:

Post a Comment