Friday, October 25, 2019

SISTEM INFORMASI AKUTANSI


Sistem Informasi Akuntansi
Sistem informasi Akuntansi  adalah  proses untuk mengumpulkan data, memproses data menjadi informasi, dan mendistribusikan informasi itu kepada pengguna. Tujuan dari sistem informasi akuntansi adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data keuangan dan akuntansi guna menghasilkan laporan atau informasi yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk membuat keputusan bisnis. Dahulu  pencatatan akuntansi kebanyakan menggunakan sistem manual,  namun seiring disrupsi bersamaan dengan revolusi industri, saat ini sebagian besar sistem informasi akuntansi sudah menggunakan otomatisasi.

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi
  • Sistem informasi akuntansi memiliki tiga fungsi dasar:Fungsi pertama adalah pengumpulan dan penyimpanan data yang efisien dan efektif mengenai aktivitas keuangan organisasi, termasuk mendapatkan data transaksi dari dokumen sumber, mencatat transaksi dalam jurnal, dan memposting data dari jurnal ke buku besar.
  • Fungsi kedua adalah untuk menyediakan informasi yang berguna untuk membuat keputusan, termasuk menghasilkan laporan manajerial sekaligus laporan keuangan, misalnya adalah laporan laba – rugi.
  • Fungsi ketiga adalah sistem ini memastikan data transaksi bisnis Anda terekam dan terproses secara akurat dan aman.
Secara detail, slide materi SIA bisa di download di sini

Sumber : 
https://cpssoft.com/blog/akuntansi/mengenal-sistem-informasi-akuntansi/

0 comments:

Post a Comment